Jump to content
kucha lana

Fungsi Vitamin Untuk Kesihatan

Recommended Posts

Apa itu vitamin? Menurut wikipedia, Vitamin adalah sekelompok senyawa organik berbobot molekul kecil yang memiliki fungsi vital dalam metabolisme setiap organisme, yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Secara garis besar, vitamin dibagi menjadi dua kelompok, yakni vitamin yang larut dalam air dan vitamin yang larut dalam lemak. 

Vitamin yang lrut dalam air adalah vitamin B dan vitamin C. Sedangkan vitan vitamin yang larut dalam lemak adalah vitamin A, vitamin D, vitamin E dan vitamin K. Dan berikut ini merupaka fungsi dari vitamin-vitamin tersebut untuk tubuh manusia.

Vitamin A
Vitamin ini mempunyai sebutan lain sebagai retinol, yang memiliki guna antara lain untuk mata. Fungsi dari vitamin A ini menjaga selalu penglihatan, berperan juga dalam menjaga lapisan selaput mukosa dalam tubuh. Sumber dari vitamin ini yang sering kita jumpai adalah wortel.

Vitamin B
Vitamin ini mempunyai manfaat yang sangat bagus sekali, terutama membantu dalam tumbuh kembang anak. Berperan juga dalam memperkuat tulang maupun gigi, meningkatkan kekebalan tubuh, asupan vitamin B yang cukup bagi tubuh juga mampu menangkal serangan virus penyakit. Vitamin B terkenal untuk mengatasi penyakit beri-beri.

Vitamin C
Vitamin ini adalah vitamin yang tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Sumbernya antara lain jeruk, dan makanan yang mempunyai rasa asam / ” kecut “. Fungsi dari vitamin C adalah untuk membentuk protein yang berguna bagi sistem kekebalan tubuh. Berfungsi juga dalam hal menyembuhan luka, mempercepat proses metabolisme, dan menjadi antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas.

Vitamin D
Manfaat utama dari vitamin D adalah untuk menghancurkan segala macam agen penyakit yang menyerang tubuh. Baik itu virus ataupun bakteri. Vitamin D bertanggung jawab terhadap kesehatan tulang dan juga gigi. Dengan adanya bantuan sinar matahari pagi, maka tubuh akan mampu memproduksi vitamin D.

Vitamin E
Fungsi vitamin E sebagai antioksidan alami, membantu penyembuhan, mencegah terjadinya bekas luka, menjaga kesehatan sel darah merah dan saraf, melindungi membran sel.
Gejala kekurangan: Jarang terjadi. Umumnya adalah penyembuhan luka yang lambat.
Dosis harian: 7 mg
Risiko berlebih: Meningkatkan asam lambung, sakit kepala, cepat lelah, dan lemah otot.
Sumber makanan: Kacang tanah, minyak zaitun, kacang almond, selai kacang, minyak biji matahari.

Vitamin K
Fungsi vitamin K (Koagulasi) adalah membantu proses pembekuan darah untuk menghentikan pendarahan.
Gejala kekurangan: Pembekuan darah tidak normal. Kekurangan vitamin ini jarang terjadi pada orang dewasa, tapi sering pada bayi yang baru lahir.
Dosis harian: 2 mcg per 1 kg berat badan
Sumber makanan: Sayuran hijau, kedelai, kol, brokoli, susu, hati, asparagus.

Share this post


Link to post
Share on other sites

Vitamin dan mineral tidak boleh menggantikan makanan. Ia hanyalah makanan tambahan yang tidak sepatutnya diambil sebagai satu-satunya sumber zat makanan yang diperlukan oleh badan kita. - infoubat

Share this post


Link to post
Share on other sites

Join the conversation

You can post now and register later. If you have an account, sign in now to post with your account.

Guest
Reply to this topic...

×   Pasted as rich text.   Paste as plain text instead

  Only 75 emoji are allowed.

×   Your link has been automatically embedded.   Display as a link instead

×   Your previous content has been restored.   Clear editor

×   You cannot paste images directly. Upload or insert images from URL.

Loading...

×
×
  • Create New...